Wednesday, May 18, 2016

Review Google Cardboard : Menjelajah dunia Virtual


Review Google Cardboard : Menjelajah dunia Virtual  - Waroengandroit.

Konten hiburan saat ini paling digemari oleh media dan berbagai perusahaan besar,salah satunya adalah Google yang terus mengembangkan konten hiburan pada Google ATAP milik mereka. Google menjadi ujung tombak dalam industri hiburan pada smartphone, seperti fitur baru Youtube yaitu 360 video dengan menggunakan fitur ini kamu bisa melihat ke berbagai sudut tanpa dibatasi.

Selain Youtube 360 Google juga mempunyai fitur baru yaitu Google Spotlight Stories yang fiturnya tidak kalah menarik dengan 360 Youtube video dan memiliki kemampuan yang sama yaitu bebas melihat ke segala arah.
Setelah cukup dikenal dengan 360 video dan Spotlight stories, Google membawa fitur yang tidak kalah keren dengan kedua fitur diatas yaitu VR atau Virtual Reality, walaupun fitur yang diberikan saat ini masih tergolong minim.

Jelajahi dunia Virtual dengan Google Cardboard - AndroidHugs.xyz


Tidak perlu khawatir, Google saat ini giat mengembangkan VR atau Virtual Reality, dimana dengan tambahan perangkat khusus sobat bisa merasakan dunia virtual entah dalam bentuk video 360, game ataupun gambar. Untuk menggunakan VR kamu membutuhkan smartphone yang memiliki sensor gyroscopic dan memiliki perangkat Google Cardboard ataupun berbagai perangkat virtual reality lainnya.

Berbagai fitur keren dan menarik dapat kamu rasakan dengan menggunakan Google Cardboard antara lain adalah 

Google Street view yang mengijinkanmu untuk berjalan jalan keliling dunia dalam foto 360 derajat.

Youtube 360 videos, fitur cardboard pada youtube 360 sudah bisa dijalankan dengan sempurna.

Games 360 yang sangat seru sudah dapat dijalankan dengan cukup sempurna.

Video 360 yang sudah banyak di playstore saat ini.

Buat kamu yang mau coba memainkan salah satu fitur diatas sobat bisa cari di Playstore dengan kata kunci "Virtual Reality" ataupun "Google Cardboard", sudah tersedia berbagai aplikasi keren yang patut sobat coba.

Mulailah Jelajahi Dunia Virtual dengan Google Cardboard karena berbagai fitur sudah banyak ditawarkan oleh Google, hanya bermodalkan uang Rp.30ribu sampai dengan Rp.50ribu kamu sudah bisa merasakan dunia virtual yang "Wow".

Untuk pembelian sobat bisa membeli di berbagai online shop kesayangan anda. 

Review Google Cardboard 

Jelajahi dunia Virtual dengan Google Cardboard - AndroidHugs.xyz


Kelebihan 

Harga sangat murah. Rata rata perangkat yang digunakan untuk merasakan teknologi Virtual Reality dijual dengan harga yang sangat mahal, tak kurang dari 10 juta. Beberapa diantaranya adalah Sony Head Mounted Display, Oculus Rift, Samsung Gear VR, Project Morpheus, hingga HTC Vive yang memiliki harga yang sangat mahal, berlawanan dengan Google Cardboard yang bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Perangkat Google Cardboard dijual dengan harga 30.000 - 300.000 tergantung pada bahan dan ukuran yang dimiliki, dengan ini sobat bisa merasakan sensasi Virtual Reality dengan harga yang sangat murah


Mudah untuk dirakit sendiri. Google Cardboard memiliki material karton, ketika membelinya sobat diharuskan untuk merakitnya terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Cara merakitnya pun sangatlah mudah karena disertai petunjuk perangkaian Google Cardboard,selain itu sudah banyak tutorial petunjuk untuk merangkai Google Cardboard entah dalam bentuk Video maupun tutorial bergambar. Waktu yang dibutuhkan untuk merangkai Google Cardboard hanya memakan waktu selama 15 menit, sangat mudah dan cepat bukan?

Berbagai Jenis Konten yang disediakan. Beragam macam konten yang dapat digunakan oleh perangkat Google Cardboard, beragam video sudah banyak dibuat dan bisa sobat lihat di Google Play Store. Mulai dari video terjun payung, mendaki gunung, konser musik, test drive mobil dengan kecepatan yang luar biasa. Berbagai hal seperti itu dapat sobat rasakan setelah sobat mempunyai perangkat Google Cardboard maupun perangkat Virtual Reality lainnya.

Kamu seorang yang suka bermain games ??. Bukan hanya video dalam bentuk 360 derajat saja yang dapat sobat gunakan pada Google Cardboard tetapi berbagai game keren dapat sobat unduh pada Google Playstore.

Untuk melihat semua aplikasi untuk perangkat Google Cardboard kamu bisa mencarinya dengan keyword "Virtual Reality" atau "Google Cardboard". 


Kekurangan : 

Mudah Rusak. Google Cardboard dibuat dengan material kardus. Anda harus extra hati hati jika hendak menggunakan dan menyimpannya. Terutama jika terkena air, Google cardboard akan menjadi sangat mudah sobek, begitu juga ketika hendak menyimpannya. Jika tidak waspada, Google Cardboard bisa menjadi penyok, sehingga tidak dianjurkan untuk membawanya bepergian.

Kurang nyaman. Jika menggunakan perangkat ini lebih lama akan membuat pengguna menjadi pusing atau mual walaupun hanya menggunakannya selama 10 menit, ditambah anda harus memegangnya jika ingin menggunakannya (hanya beberapa perangkat yang tidak dapat tali seperti yang admin gunakan).

Tidak semua Smartphone dapat menggunakan perangkat ini. Google Cardboard memanfaatkan smartphone sebagai pemutar video, dengan menambahkan dua buah lensa akan membuat video terasa lebih nyata dan seperti berada di depannya.

Oleh karena itu dibutuhkan sensor  gyroscope untuk menggunakan perangkat ini, dan tidak semua smartphone memiliki fitur sensor ini, sensor gyroscope digunakan untuk membaca gerak kepala. Selain  gyroscope sensor, Google Cardboard membutuhkan sensor Magnet dan NFC tag, walau hal ini tidak terlalu mempengaruhi penggunaan Google Cardboard namun jika perangkat kamu memiliki ketiga hal yang dibutuhkan hasil yang kamu dapatkan akan lebih maksimal

Kesimpulan :


Walaupun dengan segala kekurangan yang dimiliki, Google Cardboard masih layak dibeli hanya untuk sekedar melampiaskan rasa ingin tahu akan dunia Virtual Reality. Setidaknya anda tahu rasanya nonton bioskop 4D dengan harga yang terjangkau. Walau mudah bosan, paling tidak kamu sudah merasakan sensasi Virtual Reality lebih dulu. Jika anda masih bingung cara penggunaan dari Google Cardboard bisa lihat video petunjuk dibawah.

2 komentar

ini lah terobosan baru bernama Google Cardboard,, kemungkinan console akan tergantikan dengan hal ini...

Saya malah baru denger.. menarik ini untuk di pelajari lebih dalam...

Harap Comment yang sopan dengan cara
1.No SARA
2.No Spam
3.No Live Link
4.Gunakan kata-kata yang bagus
EmoticonEmoticon